5 Buah Untuk Pelancar BAB Agar Masalah Sembelit Dapat Teratasi

Kamu sudah tidak BAB lebih dari 2 hari? Hati-hati, itu tandanya kamu sudah terkena sembelit! Sembelit atau susah buang air besar adalah penyakit yang dapat mengganggu aktivitas seharian. Pasalnya, kalau tubuh kamu sudah terkena sembelit, perut pasti akan terasa sangat sakit.

Sembelit yang tidak segera diatasi, akan menyebabkan penyakit yang lebih berbahaya lainnya. Nah, salah satu cara untuk melancarkan BAB adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung serat. Simak info selengkapnya di sini.

 

Bahaya Akibat Sembelit Dibiarkan

Masalah sembelit yang disepelekan akan menimbulkan berbagai penyakit komplikasi, bahkan penyakit yang mengharuskan untuk dirawat di rumah sakit seperti:

 

Gejala Saat Sembelit Menyerang

Sembelit bisa menimbulkan beberapa gejala fisik, antara lain:

  • BAB tidak lancar yaitu kurang dari 2-3 kali dalam seminggu.
  • Perut terasa mual, kembung, mulas, nyeri dan kram.
  • Feses lebih padat dan sulit dikeluarkan dari anus karena mengeras.
  • Saat feses berhasil keluar pun ukurannya akan lebih kecil dari biasanya.

 

Penyebab Utama Sembelit

Sembelit bisa sampai terjadi dikarenakan pola makan dan gaya hidup sembarangan, seperti:

Selain itu, sembelit juga disebabkan oleh:

  1. Kurang asupan serat dari sayur, buah, kacang-kacangan dan biji-bijian sehingga makanan yang masuk sulit untuk diserap oleh usus.
  2. Jarang olahraga dan tidak aktif bergerak yang membuat metabolisme lemak jadi tidak optimal dan malah jadi menumpuk dalam usus.
  3. Kebiasaan menunda-nunda untuk buang air besar padahal hanya akan menyebabkan feses jadi mengeras.
  4. Kondisi usus yang kotor karena penuh dengan sisa-sisa makanan yang sulit dicerna dan menumpuk menjadi toksin.

 

Buah Kaya Serat yang Bagus Untuk Mengatasi Sembelit

Berikut beberapa buah yang mengandung banyak serat dan bagus untuk melancarkan BAB:

  1. Alpukat: Mengandung 6,7 gram serat per 100 gram, buah alpukat bermanfaat untuk melancarkan feses yang susah dikeluarkan saat BAB. Selain itu, rutin konsumsi buah alpukat juga bisa mengurangi resiko terkena kanker usus.
  2. Apel: Dalam satu buah apel terdapat 4,4 gram serat yang sangat bagus untuk melunakkan feses. Penelitian juga menyebutkan apel dapat memberi nutrisi kepada bakteri baik dalam usus sehingga gejala sembelit dapat teratasi.
  3. Pir: Buah pir kaya akan kandungan air dan juga serat, yaitu 5,5 gram serat per satu buah. Kandungan buah pir dapat bantu membawa air ke usus, sehingga gerakan usus dapat terangsang untuk melunakkan feses.
  4. Pisang: Selain enak sebagai cemilan, pisang juga merupakan buah yang dapat melancarkan BAB karena mengandung 3,1 gram serat dalam satu buahnya. Serat dalam pisang mudah menyerap air yang bisa memaksimalkan pergerakan feses dalam usus.
  5. Raspberry: Rutin konsumsi raspberry dapat mencegah penyakit sembelit karena mengandung 6,5 gram per 100 gram yang bermanfaat untuk melancarkan feses keluar dari anus.

 

Penuhi Kebutuhan Serat Harian Dengan Rutin Minum Xavola

Xavola adalah minuman bernutrisi tinggi yang kaya akan serat larut, serat tidak larut dan superfood grade A yang berasal dari Psyllium Husk, Spirulina, Inulin, Wheatgrass, Bunga Lotus dan Ekstrak Buah dan Sayuran.

Kandungan dalam Xavola dapat mengikat lemak dan tepung yang menumpuk dalam usus lalu dibuang melalui BAB. Dengan rutin minum Xavola setiap hari, serat harian dapat terpenuhi dan masalah sembelit juga jadi teratasi.

Yuk mulai rutin detox bersama Xavola! Ribuan customer sudah membuktikannya loh!

Pesan Xavola sekarang dan buat masalah sembelit jadi teratasi sekarang juga!

Xavola memiliki beberapa Gudang tersebar di banyak kota di Indonesia, pesan via CS untuk mendapatkan ongkir yang lebih murah dan kami akan mengirimkan Xavola dari gudang yang terdekat dengan kotamu.

 

 

 

Beli Xavola di Marketplace