Ingin BAB Lancar Setiap Pagi? Ikuti 5 Cara Ini Untuk Mengatasinya

Buang air besar (BAB) setiap pagi sudah menjadi kebiasaan atau istilahnya “ritual” yang biasa dijalankan oleh beberapa orang. Namun, tidak semua orang bisa melakukannya.

Banyak yang mengeluhkan perutnya terasa tidak nyaman karena tidak bisa BAB. Hal ini bisa mengganggu aktivitas seharian dan jika dibiarkan akan menimbulkan sembelit serta penyakit berbahaya lainnya.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Ketahui penyebab BAB tidak lancar, dampak buruk dan penyakit berbahaya jika terus-menerus susah BAB dan cara melancarkan BAB berikut ini.

Apa yang Terjadi Dengan Usus Sampai BAB Tidak Lancar?

  1. Ada kotoran (toksin) yang menumpuk dan susah dibuang
  2. Kotoran terlalu kering karena asupan serat tidak terpenuhi
  3. Kurang serat sehingga usus sulit memproduksi lendir
  4. Ketidakseimbanga bakteri usus (bakteri jahat lebih banyak daripada bakteri baik)
  5. Aktivitas imun yang berlebih dalam usus
  6. Adanya kerusakan di sel organ pencernaan

Waspada! BAB Tidak Lancar Bisa Berujung Di Meja Operasi

Jika masalah susah BAB terus dibiarkan akan berakibat fatal dan malah menimbulkan penyakit kronis.

Beberapa penyakit yang bisa terjadi karena diawali oleh BAB tidak lancar:

Toksin dalam usus kotor berasal dari sisa makanan yang seharusnya keluar tapi jadi tertahan karena BAB tidak lancar. Toksin tersebut juga dapat menyebar ke bagian tubuh lain dan dapat menyebabkan:

  • Alergi kambuh dengan mudah
  • Muka sering jerawatan
  • Sering masuk angin, pusing dan pegal-pegal
  • Tidak bisa kenyang
  • Berat badan sulit naik atau susah turun
  • Menstruasi tidak teratur dan sering nyeri

Penyebab BAB Tidak Lancar

Susah buang air besar (BAB) atau biasa disebut juga konstipasi atau sembelit muncul saat frekuensi BAB kurang dari 3 kali seminggu.

Penyebab susah BAB juga berbagai macam untuk Sobat Xavola ketahui. Di antaranya adalah:

  1. Pola makan kurang sehat: Kekurangan asupan serat atau cairan dalam tubuh menjadi penyebab yang paling sering terjadi pada orang yang susah BAB. Usus menjadi sulit mengolah sisa makanan sehingga kotoran sulit dikeluarkan.
  2. Tidak aktif bergerak: Selain soal pola makan, jarang berolahraga atau malas bergerak juga bisa menyebabkan usus menjadi tidak aktif dalam mengolah makanan sehingga bisa BAB menjadi tidak lancar.
  3. Menahan buang air besar: Kebiasaan buruk menunda BAB hanya akan membuat feses yang seharusnya keluar menjadi tertunda lalu mengeras dan susah dikeluarkan.
  4. Pengaruh obat-obatan tertentu: Obat-obatan seperti antiepilepsi, antidepresan, antipsikotik dan anti nyeri bisa memberikan efek samping susah BAB. Obat yang diperuntukkan untuk mengatasi pencernaan seperti antidiare dan laksatif juga malah bisa menyebabkan sembelit.

Tidak mau kan, penyakit-penyakit berbahaya sampai terjadi karena menyepelekan masalah susah buang air besar? Apalagi kalau tidak segera ditangani dan sampai harus dioperasi.

Sobat Xavola bisa mulai tanamkan perubahan pada pola hidup yang lebih baik. Bagaimana caranya?

Cara Melancarkan BAB

Kamu bisa mulai dengan ikuti cara dibawah ini agar BAB bisa lancar lagi:

  1. Cukupi kebutuhan serat: Asupan serat dapat mengurangi resiko penyakit pencernaan karena susah BAB. Serat membantu usus menyerap air lebih banyak sehingga feses mudah dikeluarkan.
  2. Banyak minum air putih: Usus membutuhkan cairan untuk melunakkan kotoran. Minum air putih minimal 8 gelas sehari dapat membantu BAB lancar setiap hari.
  3. Olahraga secara rutin: Rutin olahraga ringan seperti berlari atau bersepeda ampuh membuat usus bergerak aktif. Transit sisa makanan menjadi feses akan jauh lebih cepat.
  4. Tidak menahan BAB: Segera ke toilet apabila rasa ingin BAB sudah muncul. Selain dapat melancarkan BAB, cara ini juga dapat mencegah sembelit.
  5. Detox tubuh: BAB yang tidak lancar menandakan banyaknya toksin di dalam usus. Detox dapat membantu proses pembuangan toksin tersebut.

Bagaimana Detox Bisa Membantu Usus Lancarkan BAB?

Dengan dilakukan dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung serat tinggi dan nutrisi tinggi. Kondisi kesehatan usus akan membaik karena:

Solusi Melancarkan BAB Dengan Rutin Detox Serat, Mudah dan Praktis

Detox bersama Xavola, kamu tidak perlu repot menghitung jumlah serat pada makanan.

Xavola adalah minuman detox yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya melancarkan susah BAB karena mengandung serat larut dan tidak larut serta nutrisi baik lainnya.

Xavola bisa menjadi pilihan sebagai cara melancarkan BAB yang praktis dan mudah. Kamu hanya perlu minum 1 sachet tiap malam sebelum tidur dan hasilnya akan kamu temukan di keesokan hari. BAB menjadi lancar dan tubuh sehat bebas toksin.

Pesan Xavola segera agar BAB menjadi lancar sekarang juga!

Apa Kata Mereka Setelah Konsumsi Xavola ?

Disclaimer: Hasil yang didapatkan setiap individu bisa berbeda-beda,
Disclaimer: Hasil yang didapatkan setiap individu bisa berbeda-beda,
Disclaimer: Hasil yang didapatkan setiap individu bisa berbeda-beda,
Disclaimer: Hasil yang didapatkan setiap individu bisa berbeda-beda,
Disclaimer: Hasil yang didapatkan setiap individu bisa berbeda-beda,
Disclaimer: Hasil yang didapatkan setiap individu bisa berbeda-beda,

Xavola memiliki beberapa Gudang tersebar di banyak kota di Indonesia, pesan via CS untuk mendapatkan ongkir yang lebih murah dan kami akan mengirimkan Xavola dari gudang yang terdekat dengan kotamu.