Jangan Sampai Terlambat, Simak Cara Mencegah Kolesterol Tinggi Ini

Baik orang tua maupun anak muda, semua golongan umur bisa terkena kolesterol tinggi kapan saja apabila pola makan dan gaya hidup sembarangan tidak segera diubah. Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh tidak hanya dapat memberikan gejala yang tidak nyaman, tapi juga meningkatkan resiko terkena penyakit komplikasi.

Lebih baik melakukan pencegahan sejak dini daripada tubuh terlanjur memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Oleh karena itu, diperlukan cara mencegah kolesterol tinggi dengan mengubah kebiasaan sehari-hari. Simak informasi lengkapnya dalam artikel berikut.

 

Penyakit Komplikasi Akibat Kolesterol Tinggi

Ada beberapa masalah kesehatan yang bisa muncul akibat kadar kolesterol dalam tubuh tinggi dan jika tidak segera ditangani bisa menjadi komplikasi, antara lain:

  1. Penyakit jantung dan stroke karena menumpuknya lemak pada pembuluh darah.
  2. Hepatitis dan sirosis yang disebabkan oleh tumpukan lemak pada hati atau fatty liver.
  3. Obesitas dan xanthelasma karena berat badan berlebih yang berasal dari tumpukan lemak yang tidak bisa termetabolisme.
  4. PCOS (Sindrom Polikistik Ovarium), susah promil dan kualitas sperma yang tidak sehat karena tumpukan lemak sudah merusak hormon reproduksi.

 

Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi

Gejala fisik di bawah ini bisa kamu kenali sebagai ciri-ciri kadar kolesterol dalam tubuh sudah melebihi angka normal, diantaranya:

 

Penyebab Kolesterol Tinggi

Beberapa hal berikut adalah penyebab kolesterol jahat atau LDL jadi naik. Selain itu, pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat seperti hobi makan gorengan atau gula, sering minum alkohol, begadang dan merokok juga dapat memperburuk kadar kolesterol dalam tubuh.

 

Makanan yang Bisa Menyebabkan dan Menurunkan Kolesterol Tinggi

Jenis-jenis makanan yang harus kamu hindari mulai dari sekarang agar kadar kolesterol dalam tubuh tidak terus-menerus naik yaitu:

  1. Nasi putih, pasta, mie, roti putih dan susu karena memiliki banyak kandungan karbohidrat yang sulit dicerna dalam tubuh.
  2. Daging ayam, bebek, sapi dan kambing yang berlemak, jeroan, daging olahan seperti sosis dan nugget yang kadar lemak jenuhnya tinggi.
  3. Kue, permen, boba, minuman kemasan seperti teh dan kopi kemasan dan alkohol yang kandungan gulanya tinggi.

Untuk itu, ganti makanan-makanan di atas dengan beberapa makanan berikut ini:

 

Cara Mencegah Kolesterol Tinggi

Setelah mengetahui penyebab kolesterol LDL jadi naik seperti yang sudah disebutkan diatas, dapat kita simpulkan beberapa cara yang bisa mencegah kadar kolesterol tinggi, antara lain:

  1. Mengatur pola makan dengan memastikan kebutuhan asupan serat harian terpenuhi, yang bisa kamu dapatkan dari sayur, buah dan kacang-kacangan. Selain itu, kurangi konsumsi makanan tinggi kandungan lemak jenuh, gula dan lemak trans.
  2. Aktif bergerak dan olahraga agar lemak yang menumpuk dapat ikut terbakar. Kalau kamu belum terbiasa olahraga, bisa mulai dari kebiasaan sederhana seperti melakukan pekerjaan rumah, naik turun tangga dan berjalan kaki.
  3. Berhenti dari kebiasaan merokok karena nikotin tidak hanya dapat merusak paru-paru, tetapi juga meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh yang bisa menyebabkan penyakit jantung.
  4. Kurangi atau kalau ingin hasil yang lebih baik, hindari konsumsi alkohol. Kandungan dalam alkohol dapat memicu tingginya kadar kolesterol dan menurunkan kesehatan jantung.
  5. Menjaga berat badan agar tetap ideal dengan diet tinggi serat. Diet ini dapat kamu lakukan dengan memperbanyak sumber makanan berserat dalam satu porsi makan.

 

Diet Tinggi Serat Untuk Cegah Kolesterol Bersama Xavola

Serat adalah bagian karbohidrat kompleks yang tidak mudah dipecah dalam tubuh. Tetapi hal itulah yang membuat serat bagus untuk tubuh, mulai dari menurunkan berat badan sampai menurunkan kolesterol, karena dapat melancarkan proses pencernaan makanan dalam usus.

Nah, agar asupan serat dalam tubuh lebih optimal, kamu dapat melakukan diet tinggi serat disertai dengan rutin minum Xavola setiap hari sebelum tidur. Xavola adalah minuman bernutrisi yang tinggi akan kandungan serat serta superfood grade A seperti Psyllium Husk, Spirulina, Inulin, Wheatgrass, Bunga Lotus dan Ekstrak Buah dan Sayuran.

Kandungan tersebut bekerja dengan cara cara mengikat tumpukan lemak yang menjadi penyebab kolesterol LDL tinggi, lalu dibuang melalui proses BAB. Dengan rutin minum Xavola, tubuh jadi sehat dan bebas dari tumpukan kolesterol jahat.

Yuk mulai rutin detox bersama Xavola! Ribuan customer sudah membuktikannya loh!

Pesan Xavola sekarang dan cegah kolesterol tinggi sekarang juga!

Xavola memiliki beberapa Gudang tersebar di banyak kota di Indonesia, pesan via CS untuk mendapatkan ongkir yang lebih murah dan kami akan mengirimkan Xavola dari gudang yang terdekat dengan kotamu.

 

 

 

Beli Xavola di Marketplace