5 Cara Mudah Mendapatkan Berat Badan Ideal

Mempunyai berat badan yang ideal dengan bentuk proposional memang merupakan hal yang diimpi-impikan setiap orang, tidak terkecuali Sobat Xavola, bukan? Memiliki tubuh yang ideal juga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan sehingga tidak mudah terserang penyakit, namun tidak semua orang beruntung bisa mendapatkannya.

Tapi kamu tidak perlu khawatir. Karena pada artikel ini Xavola akan memberikan informasi dan dan beberapa cara alami untuk mendapatkan berat badan ideal. Yuk, disimak!

 

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Hal pertama yang harus Sobat Xavola lakukan adalah mengetahui perhitungan indeks massa tubuh terlebih dahulu agar mendapatkan gambaran mengenai kondisi berat badan kamu.

BMI (Body Mass Index)

Indeks massa tubuh merupakan salah satu metode perhitungan dengan mengkalkulasi tinggi badan dan berat badan. BMI dapat memberikan kamu informasi apakah berat badan kamu termasuk terlalu gemuk, ideal atau malah terlalu kurus.

Cara menghitung BMI:

Contoh:
Kamu memiliki berat badan 60kg dan tinggi badan 1,63 m (163 cm).
Pertama, kalikan tinggi badan dalam kuadrat: 1,63 x 1,63 = 2,65
Selanjutnya, bagi berat badan dengan hasil kuadrat tinggi badan: 60/2,65 = 22,6
Terakhir, bandingkan angka BMI dengan kategori di bawah ini:

  • Di bawah 18,5 = Kurus
  • 18,5 – 22,9 = Ideal
  • 23 – 29,9 = Gemuk
  • 30 ke atas = Obesitas

 

Penyebab Berat Badan Bisa Naik dan Turun

Berat badan bisa naik dan bisa turun disebabkan oleh proses metabolisme dalam tubuh yang tidak seimbang. Metabolisme adalah proses menghasilkan dan memecahkan suatu molekul untuk menghasilkan energi, contohnya:

  • Pembentukan sel lemak dari karbohidrat
  • Pemecahan sel lemak untuk menghasilkan energi saat beraktivitas sehari-hari.

Metabolisme tubuh dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya:

  • Kurangnya jumlah nutrisi yang masuk seperti vitamin dan mineral yang membuat laju metabolisme jadi tidak seimbang.
  • Kadar hormon dalam tubuh yang menurun seperti hormon insulin, glukagon, tiroid, testosteron, leptin dan ghrelin.
  • Terlalu banyak bakteri jahat daripada yang baik karena kurangnya asupan serat sehingga nutrisi sulit diserap dalam usus.
  • Kesehatan organ hati (liver) yang terganggu akibat toksin atau racun dari makanan dan minuman yang tidak terbuang dari dalam tubuh.

 

Pengaruh Toksin Pada Berat Badan

Toksin atau racun adalah semua jenis kandungan yang merugikan yang ada di dalam tubuh dari paparan, makanan dan minuman. Toksin dapat mengganggu laju metabolisme sehingga bisa menyebabkan berat badan berlebih atau berat badan terlalu kurus.

Beberapa contoh toksin dan dampak merugikannya di tubuh yaitu:

 

Faktor Berat Badan Terlalu Gemuk atau Terlalu Kurus

Terlalu Gemuk:

  • Terlalu banyak asupan karbohidrat dan lemak dan
  • Kurang asupan nutrisi serat, vitamin dan mineral
  • Banyak toksin yang menumpuk sehingga penyerapan nutrisi terganggu
  • Bakteri usus tidak seimbang

Terlalu Kurus:

  • Kurang asupan karbohidrat dan lemak
  • Sangat kurang asupan nutrisi serat, vitamin dan mineral
  • Banyak toksin yang menumpuk sehingga penyerapan nutrisi terganggu
  • Bakteri usus tidak seimbang

 

Cara Mendapatkan Berat Badan Ideal

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, kamu dapat melakukannya dengan cara menyeimbangkan metabolisme tubuh, antara lain:

  1. Banyak bergerak dan olahraga: Kamu bisa mulai dengan jogging 30 menit setiap hari atau bisa mulai dengan mengikuti kelas senam aerobik. Senam yang diiringi dengan jadwal jogging yang rutin dapat membuat proses metabolisme kembali menjadi seimbang.
  2. Minum banyak air putih: Proses pembakaran kalori akan lebih efektif jika tubuh kamu memiliki banyak asupan cairan. Minum air putih minimal 8 gelas sehari agar mengoptimalkan kinerja metabolisme tubuh.
  3. Memperbanyak makanan berprotein: Protein dapat membantu proses metabolisme lebih meningkat. Kamu bisa mulai mengganti beberapa karbohidrat dengan sumber protein seperti ikan, kacang-kacangan, atau daging tanpa lemak.
  4. Perbanyak makanan kaya serat: Serat dapat membantu proses penyerapan nutrisi dalam usus lebih maksimal. Makanan berserat bisa kamu dapatkan dari buah dan sayuran seperti pisang, pepaya, pir, kembang kol, bayam dan brokoli.
  5. Rutin detox: Metabolisme menurun sampai berat badan naik adalah tanda banyaknya toksin dalam tubuh. Detox membantu detoksifikasi racun-racun dengan memberikan nutrisi serat sehingga toksin dapat dibuang melalui sistem pencernaan.

 

Manfaat Rutin Detox Untuk Memperbaiki Metabolisme Agar Berat Badan Ideal

Detox atau detoksifikasi adalah proses pembuangan toksin yang menumpuk dalam tubuh yang menyeimbangkan proses metabolisme. Dengan rutin detox, tubuh dapat memperbaiki metabolisme dan berat badan juga ikut menjadi ideal karena detox mengandung nutrisi baik sebagai berikut:

 

Detox Bareng Xavola Biar Berat Badan Jadi Ideal

Mau mulai detox tapi tetap ingin makan enak atau tidak suka sayur dan buah? Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi karena sudah ada Xavola.

Satu sachet Xavola mengandung serat larut dan serat tidak larut dan berbagai macam Superfood Grade A seperti Psyllium Husk, Spirulina, Inulin, Wheatgrass, Bunga Lotus dan Ekstrak Buah dan Sayuran.

Rutin detox dengan minum Xavola satu sachet setiap hari dapat memperbaiki sistem metabolisme tubuh kamu dengan mendetoksifikasi racun pada sistem pencernaan. Toksin selama ini bertumpuk akan diikat dan dibuang melalui BAB oleh kandungan serat, vitamin dan mineral yang ada dalam Xavola.

Yuk mulai rutin detox bersama Xavola! Ribuan customer sudah membuktikannya loh!

Pesan Xavola sekarang dan dapatkan berat badan ideal sekarang juga!

Xavola memiliki beberapa Gudang tersebar di banyak kota di Indonesia, pesan via CS untuk mendapatkan ongkir yang lebih murah dan kami akan mengirimkan Xavola dari gudang yang terdekat dengan kotamu.

 

 

 

Beli Xavola di Marketplace