Diet Tinggi Serat, Cara Praktis dan Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

Sekarang ini sudah banyak macam jenis diet dari diet mayo, diet vegan, diet tawar sampai OCD. Diet tinggi serat adalah salah satu diet yang sudah terbukti dapat menurunkan badan dengan cepat.

Bagaimana diet ini bisa bantu turunkan berat badan? Kenali terlebih dulu yuk, apa itu serat dan manfaatnya untuk tubuh.

 

Apa Itu Serat

Serat adalah karbohidrat kompleks yang terdapat pada sayur, buah dan biji-bijian. Serat tidak mudah dipecah dan dicerna dalam tubuh sehingga bisa melancarkan proses pencernaan makanan tanpa membuat kadar gula darah naik.

Manfaat serat umumnya dapat mencegah sembelit, menurunkan kadar kolesterol dan mengatasi masalah di sistem pencernaan.

 

Perbedaan Serat Larut dan Serat Tidak Larut

Serat dibagi menjadi dua jenis yaitu yang larut dan tidak larut. Perbedaannya adalah:

1. Serat larut

Serat larut adalah serat yang larut dalam air. Jenis serat ini menyerap cairan sampai wujudnya mengental pada sistem pencernaan. Manfaatnya yaitu:

  • Mengontrol kadar gula dalam darah
  • Mengurangi kadar kolesterol

Serat larut dapat kamu temukan dalam kacang-kacangan, oatmeal, apel, pir, raspberry, dan blackberry.

2. Serat tidak larut

Serat ini adalah serat yang tidak dapat larut di dalam air dan akan utuh saat makanan bergerak dalam saluran pencernaan. Manfaat serat tidak larut yakni:

  • Mengenyangkan sehingga tidak mudah lapar
  • Melunakkan feses sehingga BAB jadi lancar

Serat ini bisa kamu temukan pada sereal gandum, biji-bijian, wortel, tomat, seledri.

 

Penyakit Berbahaya Akibat Tubuh Kurang Serat

Kalau tubuh kamu kurang serat, wajib diwaspadai karena akan menimbulkan penyakit berbahaya seperti:

  1. Sembelit: Serat membantu feses untuk menjadi lebih lunak sehingga mudah dikeluarkan. Kalau serat tidak terpenuhi, akan terjadi sembelit karena feses akan mengeras, kering dan susah dikeluarkan.
  2. Obesitas: Serat dapat memberikan sensasi mengenyangkan. Apabila serat jarang dikonsumsi, nafsu makan jadi tidak terkontrol dan beresiko terkena obesitas.
  3. Gula darah tidak stabil: Bagi penderita diabetes, kekurangan serat akan mengakibatkan lonjakan kadar gula darah sehingga gula darah sulit untuk stabil.
  4. Mudah lelah dan mual: Mengkonsumsi makanan berprotein tinggi tanpa serat yang cukup akan membuat tubuh mudah merasa lelah dan mual.
  5. Kadar kolesterol meningkat: Serat dapat mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh. Jika kekurangan serat, kadar kolesterol dalam darah akan meningkat.

 

Jenis Makanan Untuk Mulai Diet Tinggi Serat

Tidak mau kan, kekurangan serat dan penyakit di atas sampai terjadi? Sobat Xavola bisa mulai dengan diet tinggi serat.

Pada umumnya, wanita paling tidak harus mengkonsumsi 25 gram serat per hari. Sedangkan untuk pria lebih banyak yaitu 38 gram per hari.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi:

 

 

Manfaat Lain Dari Diet Tinggi Serat

Selain terbukti efektif menurunkan berat badan, diet ini juga mempunyai manfaat lain seperti:

  1. Menjaga kesehatan usus: Serat dapat meningkatkan kinerja bakteri usus baik sehingga makanan yang kita konsumsi mudah dicerna dan mudah diserap kandungan airnya. Diet ini juga mencegah penyakit usus besar seperti wasir.
  2. Melancarkan BAB: Serat dapat melunakkan feses yang keras dan kering menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan. Kalau feses lembek dan berair, serat juga dapat membantu memadatkan karena dapat menyerap air.
  3. Menurunkan kolesterol: Serat pada jenis makanan kacang-kacangan dan gandum dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga kesehatan jantung dan tekanan darah dapat terjaga.
  4. Mengendalikan kadar gula darah: Serat khususnya yang larut dapat memperlambat penyerapan gula dan memperbaiki kadar gula darah sehingga dapat mengurangi terkena penyakit diabetes.

 

Manfaat Detox Sebagai Diet Tinggi Serat yang Sehat

Detox atau detoksifikasi adalah proses pembuangan racun atau toksin yang ada di dalam tubuh lewat sistem pencernaan untuk meningkatkan kesehatan.

Detoksifikasi dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat seperti buah dan sayur sehingga kalau kamu ingin mulai diet tinggi serat, detox bisa menjadi pilihan yang tepat.

Nah, apa saja manfaat detox untuk diet tinggi serat?

 

Diet Tinggi Serat Dengan Xavola, Praktis dan Mudah

 

Kalau kamu merasa diet tinggi serat susah atau tidak suka makan kacang-kacangan, sayur atau buah, tenang, sekarang ada solusinya.

Kamu bisa mendapatkan serat harian dengan tetap makan enak bersama Xavola. Xavola Terbuat dari serat larut, serat tidak larut dan berbagai macam superfood, Xavola bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk membantu proses detoksifikasi tubuh. Jadi kamu bisa diet tinggi serat dengan praktis dan mudah.

 

 

Pesan Xavola sekarang dan dapatkan tubuh ideal sekarang juga!

Xavola memiliki beberapa Gudang tersebar di banyak kota di Indonesia, pesan via CS untuk mendapatkan ongkir yang lebih murah dan kami akan mengirimkan Xavola dari gudang yang terdekat dengan kotamu.

 

 

 

Beli Xavola di Marketplace