Lebih Parah Dari Maag, Ini Gejala GERD yang Wajib Kamu Ketahui

Penyakit GERD dan maag memiliki gejala berbeda yang dirasakan saat kambuh. Maag adalah peradangan pada lambung yang menyebabkan dinding lambung jadi rusak. Hal ini bisa terjadi karena produksi asam lambung dan reaksi inflamasi pada lambung yang berlebih.

Sedangkan GERD terjadi karena asam lambung yang naik sampai kerongkongan atau reflux karena kerusakan pada katup lambung. Saat maag dibiarkan terus kambuh tanpa ada usaha untuk diatasi, bisa-bisa maag berubah menjadi GERD. Oleh karena itu, kamu perlu kenali gejala dan cara mengatasinya pada artikel berikut ini.

 

Penyakit Kronis Kalau Asam Lambung Naik Dibiarkan

Asam lambung yang naik sampai ke bagian kerongkongan dan tidak segera ditangani, akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan yang berbahaya, diantaranya:

  1. Esofagitis yaitu radang kerongkongan.
  2. Tukak esofagus atau luka pada kerongkongan.
  3. Terjadi penyempitan pada kerongkongan.
  4. Lapisan luar gigi rusak.
  5. Pneumonia aspirasi sampai beresiko infeksi paru-paru.
  6. Kanker kerongkongan.

 

Gejala Maag yang Sudah Berubah Jadi GERD

Kalau asam lambung yang ada dalam tubuh naik dari yang tadinya terkena maag menjadi GERD, akan menimbulkan gejala seperti:

 

Penyebab Utama Penyakit GERD Bisa Kambuh

Pola makan yang tidak sehat adalah penyebab utama munculnya penyakit GERD, yaitu:

  1. Hobi makan sembarangan seperti gorengan, makanan pedas-pedas atau asam, kue yang manis-manis, snack bermicin, junk food.
  2. Pola makan berantakan atau tidak pada waktu yang sama setiap harinya.
  3. Suka minum yang kadar kafein dan alkoholnya tinggi seperti kopi dan beer.
  4. Kurang asupan nutrisi dari sayur dan buah, padahal tubuh membutuhkan serat, vitamin dan mineral agar asam lambung tidak naik.

 

Cara Mengatasi Penyakit GERD

Meskipun gejala maag dan GERD berbeda, akan tetapi cara mengatasinya sama yaitu memperbaiki pola makan dan gaya hidup yang bisa kamu mulai dengan cara:

Beberapa contoh makanan di bawah ini bisa menjadi pilihan untuk kamu yang memiliki masalah GERD. Makanan-makanan berikut mengandung serat tinggi yang bermanfaat untuk menurunkan kadar asam lambung yang berlebih, antara lain:

 

Kenapa Detox Bisa Bermanfaat Untuk Atasi GERD?

Detox atau detoksifikasi adalah proses tubuh dalam membuang toksin yang menumpuk. Selain membuat tubuh jadi bebas racun, detox juga dapat bantu mengatasi GERD karena detox dilakukan dengan puasa hanya makan sayur dan buah.

Nutrisi dari sayur dan buah sangat bermanfaat untuk kesehatan lambung karena:

  1. Meningkatkan produksi lapisan pelindung lambung sehingga mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.
  2. Membantu produksi asam lambung jadi lebih stabil yang membuat kondisi lambung semakin kuat.
  3. Mempercepat perbaikan dan penyembuhan sel-sel dalam lambung yang sudah rusak.

 

Detox Praktis Penuh Nutrisi Dengan Xavola

Kalau kamu merasa detox itu repot karena punya banyak waktu untuk menghitung nutrisi atau mengolah sayur dan buah, tenang, sekarang Xavola bisa jadi temanmu untuk memenuhi nutrisi harian.

Dalam satu sachet Xavola terdapat kandungan serat larut dan serat tidak larut dan superfood grade A dari Psyllium Husk, Spirulina, Inulin, Wheatgrass, Bunga Lotus dan Ekstrak Buah dan Sayuran. Kandungan ini dapat membantu tubuh mengikat lemak dan tepung yang menumpuk yang kemudian dibuang lewat proses BAB.

Yuk mulai rutin detox bersama Xavola! Ribuan customer sudah membuktikannya loh!

Pesan Xavola sekarang dan buat masalah GERD teratasi sekarang juga!

Xavola memiliki beberapa Gudang tersebar di banyak kota di Indonesia, pesan via CS untuk mendapatkan ongkir yang lebih murah dan kami akan mengirimkan Xavola dari gudang yang terdekat dengan kotamu.

 

 

 

Beli Xavola di Marketplace