6 Jenis Makanan yang Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi adalah kondisi dimana seseorang memiliki kadar lemak berlebih yang tertimbun pada pembuluh darah. Jika tidak segera ditangani, penyakit komplikasi yang berbahaya akan dengan mudah menyerang tubuh manusia.

Kalau nilai kolesterol yang Sobat Xavola miliki sudah diatas angka normal, kamu harus segera mengatasinya. Nah, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

 

Penyakit Komplikasi Karena Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan beberapa penyakit komplikasi yang serius, seperti:

  • Serangan jantung
  • Stroke
  • Fatty liver (perlemakan hati)
  • Obesitas
  • Xanthelasma (bercak kuning muncul di bawah kelopak mata)
  • Penurunan hormon reproduksi yang dapat mengakibatkan PCOS, susah program hamil dan kualitas sperma memburuk

 

Penyebab Kolesterol Jadi Tinggi

Pola makan dan gaya hidup sembarangan seperti banyak mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan tinggi gula, kebiasaan minum alkohol dan merokok adalah penyebab utama yang membuat kolesterol menjadi tinggi. Selain itu, faktor-faktor  dibawah ini juga bisa menyebabkan kadar kolesterol semakin memburuk:

 

Makanan Penurun Kolesterol

Menurunkan kolesterol tinggi dapat dilakukan dengan memperbaiki pola makan, salah satunya adalah mengkonsumsi beberapa jenis makanan kaya akan nutrisi yaitu:

  1. Karbohidrat kompleks seperti nasi merah, oats giling, jelai dan sorgum yang kaya akan serat dapat memberikan energi serta mengurangi tumpukan lemak di pembuluh darah.
  2. Ikan laut yang mengandung tinggi lemak sehat dan vitamin D bisa meningkatkan metabolisme kolesterol, diantaranya: ikan salmon, tuna dan kod.
  3. Protein nabati yaitu tahu dan tempe ternyata mengandung protein tinggi yang rendah kolesterol.
  4. Kacang-kacangan seperti almond dan mete kaya akan serat dan kolesterol baik yang dapat mengoptimalkan pembuangan kolesterol jahat.
  5. Sayur-sayuran mengandung banyak vitamin, serat dan mineral yang dapat menurunkan kadar kolesterol pada pembuluh darah dan liver, antara lain: bayam, brokoli, seledri, tomat dan wortel.
  6. Sama seperti sayur, buah juga tinggi akan serat larut air, vitamin dan mineral yang berfungsi mengurangi kadar kolesterol, yaitu: pepaya, lemon, apel, melon, kiwi, kurma dan semangka.

 

Manfaat Detox Untuk Menurunkan Kolesterol

Detox adalah proses detoksifikasi dalam pembuangan toksin atau racun seperti lemak yang menumpuk pada darah dengan cara mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi seperti sayur dan buah. Detox terbukti dapat mengurangi kolesterol tinggi, karena:

  1. Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi pada sayur dan buah membantu liver untuk metabolisme lemak jenuh yang menumpuk.
  2. Kandungan serat larut air berfungsi sebagai pengikat lemak sehingga menghambat kolesterol menumpuk pada pembuluh darah.
  3. Nutrisi yang terdapat pada detox dapat memberikan sensasi kenyang lebih lama yang bisa menghambat diri untuk mengkonsumsi makanan sembarangan.

 

Turunkan Kolesterol Dengan Detox Bersama Xavola

Detox biasanya dilakukan dengan puasa hanya makan sayur dan buah beberapa hari dalam seminggu. Kalau kamu merasa detox ribet dan susah, solusi yang tepat adalah detox bersama Xavola.

Dalam 1 sachet Xavola tinggi akan kandungan serat serta nutrisi seperti Psyllium Husk, Spirulina, Inulin, Wheatgrass, Bunga Lotus dan Ekstrak Buah dan Sayuran. Nutrisi tersebut dapat mendetoksifikasi tubuh dari lemak jahat sehingga kolesterol bisa menjadi turun.

Yuk mulai rutin detox bersama Xavola! Ribuan customer sudah membuktikannya loh!

Pesan Xavola sekarang dan turunkan kolesterol jahat sekarang juga!

Xavola memiliki beberapa Gudang tersebar di banyak kota di Indonesia, pesan via CS untuk mendapatkan ongkir yang lebih murah dan kami akan mengirimkan Xavola dari gudang yang terdekat dengan kotamu.

 

 

 

Beli Xavola di Marketplace