5 Makanan yang Bisa Jadi Penyebab Asam Lambung Naik

Asam lambung yang naik seringkali dikaitkan dengan gejala maag dan GERD. Maag muncul karena adanya luka pada lapisan lambung yang disebabkan oleh produksi asam lambung yang berlebihan. Sedangkan GERD adalah asam lambung berlebih yang sudah naik sampai ke kerongkongan.

Penyebabnya pun sama yaitu karena pola makan tidak sehat dan tidak teratur. Ada beberapa makanan yang malah meningkatkan produksi asam lambung jadi berlebih. Ketahui selengkapnya pada artikel ini beserta cara mengatasinya.

 

Penyakit Berbahaya Karena Asam Lambung Berlebih

Jika asam lambung dibiarkan berproduksi sampai berlebih, masalah kesehatan serius di bawah ini akan mudah beresiko menyerang kesehatan tubuh:

  1. Asam lambung naik ke kerongkongan menjadi GERD dan lebih parahnya sampai ke pita suara lalu muncul penyakit Laryngopharyngeal Reflux (LPR).
  2. Lambung yang terluka lama-lama jadi rusak dan asam lambung bisa menyebar ke usus.
  3. Saluran encernaan jadi terganggu yang menyebabkan sembelit dan diare dengan mudah menyerang.
  4. Beresiko terjadinya tumor dan kanker pada sistem pencernaan.

 

Makanan Penyebab Asam Lambung Jadi Naik

Penyebab produksi asam lambung yang berlebihan dan bisa naik ke kerongkongan adalah pola makan yang tidak sehat, yaitu sering mengkonsumsi makanan dan minuman seperti:

  1. Makanan pedas dan tinggi lemak adalah paket makanan yang enak, contohnya ayam geprek dan gorengan pakai cabai atau sambal. Tapi makanan ini malah yang menjadi penyebab asam lambung jadi naik.
  2. Minuman tinggi kandungan kafein, soda dan alkohol memicu naiknya asam lambung dan meningkatkan reaksi inflamasi pada lambung.
  3. Makanan yang manis-manis seperti cemilan kue ternyata juga bisa meningkatkan reaksi inflamasi dan memperlambat penyembuhan dinding lambung yang terkikis.
  4. Buah-buahan yang asam seperti jeruk dan lemon, meskipun buah ini sehat namun ada baiknya dihindari dan pilih buah yang kadar asamnya rendah.
  5. Makanan yang memiliki banyak kandungan tepung seperti mie dan pasta yang akan menambah tumpukan toksin karena sulit dicerna oleh tubuh.

Jenis makanan yang menjadi penyebab asam lambung naik apabila tidak segera dihindari akan mengakibatkan usus menjadi kotor dan penuh toksin. Toksin yang menumpuk dapat memicu produksi asam lambung jadi berlebih. 

 

Makanan Pereda Asam Lambung Berlebih

Beberapa makanan di bawah ini bisa menjadi solusi naiknya asam lambung, diantaranya:

Makanan-makanan di atas kaya akan vitamin, mineral dan serat yang dapat meredakan reaksi inflamasi karena asam lambung yang berlebih. Untuk memaksimalkan asupan nutrisi ke dalam tubuh, kamu bisa mulai dengan detox.

Detox adalah proses pembuangan racun yang menumpuk dalam tubuh akibat makanan yang dikonsumsi sehari-hari dan susah untuk dibuang, seperti lemak dan gula. Detoksifikasi bisa dilakukan dengan puasa hanya makan sayur dan buah.

 

Detox Bersama Xavola Gak Pakai Ribet

Kalau kamu tidak punya waktu untuk menghitung nutrisi untuk mulai detox atau tidak punya banyak waktu untuk mengolah buah dan sayur, kamu bisa mulai dengan rutin minum Xavola Dalam satu sachet Xavola megandung serat larut dan serat tidak larut, dan nutrisi superfood grade A yang terdiri dari Psyllium Husk, Spirulina, Inulin, Wheatgrass, Bunga Lotus dan Ekstrak Buah dan Sayuran.

Kandungan tersebut dapat bantu tubuh mengikat lemak dan tepung yang menjadi toksin dalam tubuh kemudian dibuang melalui BAB. Tubuh jadi bebas toksin, sistem pencernaan lancar, lambung juga ikut menjadi bersih berkat manfaat yang didapatkan dari Xavola.

Yuk mulai rutin detox bersama Xavola! Ribuan customer sudah membuktikannya loh!

Pesan Xavola sekarang dan redakan gejala asam lambung sekarang juga!

Xavola memiliki beberapa Gudang tersebar di banyak kota di Indonesia, pesan via CS untuk mendapatkan ongkir yang lebih murah dan kami akan mengirimkan Xavola dari gudang yang terdekat dengan kotamu.

 

 

 

Beli Xavola di Marketplace