Sering Susah BAB? Bisa Jadi Kamu Hobi Konsumsi Makanan Penyebab Sembelit Ini

Sembelit atau konstipasi adalah keadaan dimana seseorang tidak BAB kurang dari 3 kali dalam seminggu, karena sistem pencernaan yang normal yaitu bisa BAB setiap hari. Susah BAB memang bisa membuat aktivitas terganggu karena perut terasa mulas dan begah seharian.

Penyebab susah BAB juga berbagai macam, tapi yang paling utama adalah makanan yang masuk dalam tubuh sehari-hari. Lalu, apa saja makanan yang bisa jadi penyebab pencernaan jadi mengalami sembelit? Cek selengkapnya di sini.

 

Penyakit Berbahaya Akibat Sembelit Disepelekan

Masalah sembelit yang menyepelekan feses atau kotoran tidak terbuang selama berhari-hari bahkan mingguan bisa meningkatkan resiko terjadinya beberapa penyakit kronis, antara lain:

 

Makanan Penyebab Sembelit

Agar tidak terkena sembelit atau memperparah gejala sembelit, ada baiknya kamu menghindari atau membatasi beberapa makanan berikut ini:

  1. Makanan yang tinggi kandungan tepung seperti roti, sereal dan pasta. Kandungan tepung dalam usus hanya akan menumpuk karena sulit dicerna dan mengurangi kadar air yang menyebabkan terjadinya sembelit.
  2. Fast food atau makanan cepat saji dan gorengan yang tinggi lemak dan rendah serat. Terlalu banyak lemak dalam tubuh dapat memperlambat gerakan usus sehingga feses jadi sulit dikeluarkan.
  3. Makanan olahan yang tidak hanya mengandung banyak lemak, tapi juga MSG atau bahan pengawet seperti nugget, sosis dan kornet. Kandungan nitrat yang ada pada MSG dapat meningkatkan resiko terkena sembelit.
  4. Minuman atau makanan yang tinggi gula seperti kue, cokelat, boba dan es kopi susu. Asupan gula yang berlebihan dapat mengurangi kadar air dalam tubuh yang mengakibatkan feses jadi lebih padat dan kering.
  5. Selain fast food, gorengan dan makanan olahan, daging merah juga termasuk dalam makanan tinggi lemak yang jadi penyebab sembelit. Makanan yang mengandung lemak tinggi sulit dicerna tubuh dan membutuhkan waktu yang lama untuk dapat terurai.

 

Penyebab Susah BAB Lainnya

Selain dari pola makan yang tidak sehat, gaya hidup yang tidak teratur juga dapat menjadi penyebab feses susah dikeluarkan seperti:

  1. Kurang nutrisi serat, vitamin dan mineral dari sayur dan buah yang menyebabkan usus sulit memproduksi lendir dan membuat feses jadi terlalu kering.
  2. Tubuh tidak aktif bergerak karena jarang olahraga yang menurunkan kinerja metabolisme tubuh.
  3. Kebiasaan menahan BAB saat keinginan BAB sudah muncul yang hanya akan feses jadi tertahan lalu mengeras.
  4. Kondisi usus yang kotor karena banyaknya tumpukan toksin dari sisa makanan yang sulit dicerna.

 

Cara Mengatasi Sembelit Agar BAB Bisa Lancar Lagi

Solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sembelit yaitu dengan mengubah kebiasaan hidup yang tidak sehat jadi lebih teratur, caranya:

  1. Perbanyak minum air putih minimal 2 liter setiap hari karena air dapat mempermudah usus memproses sisa makanan menjadi feses.
  2. Olahraga secara rutin 30 menit setiap hari agar pergerakan makanan dalam usus jadi lebih optimal sehingga feses mudah dikeluarkan.
  3. Berhenti dari kebiasaan menahan BAB dimana kalau perut sudah mendapat panggilan untuk BAB, segera ke toilet.
  4. Kurangi atau hindari makanan yang tinggi kandungan gula, tepung, lemak dan MSG karena kandungan tersebut sulit dicerna dalam sistem pencernaan.
  5. Konsumsi makanan yang banyak mengandung serat, vitamin dan mineral karena nutrisi ini memiliki banyak kandungan air yang dapat membantu feses menjadi lebih lunak.
  6. Rutin minum Xavola, karena kandungan nutrisi yang ada dalam Xavola dapat memenuhi asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

 

Makanan Pelancar BAB

Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk melancarkan BAB karena tinggi kandungan nutrisi terutama serat:

 

Bagaimana Xavola Bisa Membantu Melancarkan BAB

Xavola merupakan minuman bernutrisi tinggi all-in-one yang terdapat kandungan serat larut, serat tidak larut dan superfood grade A dalam tiap satu sachetnya. Nutrisi tersebut terdiri dari Psyllium Husk, Spirulina, Inulin, Wheatgrass, Bunga Lotus dan Ekstrak Buah dan Sayuran.

Kandungan yang ada dalam Xavola bekerja dengan cara membantu usus mengikat lemak dan tepung yang menumpuk lalu dibuang melalui BAB. Minum Xavola satu sachet setiap hari sebelum tidur, rasakan manfaat di keesokan hari. BAB lancar kembali, masalah sembelit jadi teratasi.

Yuk mulai rutin detox bersama Xavola! Ribuan customer sudah membuktikannya loh!

Pesan Xavola sekarang dan buat masalah sembelit teratasi sekarang juga!

Xavola memiliki beberapa Gudang tersebar di banyak kota di Indonesia, pesan via CS untuk mendapatkan ongkir yang lebih murah dan kami akan mengirimkan Xavola dari gudang yang terdekat dengan kotamu.

 

 

 

Beli Xavola di Marketplace